Back

Banyak wanita yang takut akan terserang kanker payudara namun mereka tak mengetahui bagaimana dan kapan penyakit ini datang. Gejala kanker payudara memang belum banyak yang mengetahuinya apalagi orang awam. Wanita dewasa memiliki kecenderungan lebih untuk terserang kanker payudara daripada anak remaja. Apakah anda sudah mempersiapkan diri untuk mencegah penyakit ini? Gejala kanker payudara memang tidak dapat diketahui dengan pasti sebelum anda memeriksakannya pada dokter ahli. Jika gejala penyakit ini tidak diketahui sejak dini maka penyakit ini bisa akan jadi bertambah parah. Mengenali gejala kanker payudara sangat penting untuk melakukan tindakan lebih lanjut seperti pengobatan dan pencegahan kembali.

Untuk mengenali gejala kanker payudara, terlebih dulu anda harus mengetahui apa itu kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang bagian payudara yaitu pertumbuhan sel yang tidak normal pada payudara dan lama kelamaan akan menggerogoti bagian payudara penderitanya. Berikut beberapa gejala kanker payudara yang bisa anda perhatikan:

Berubahnya bentuk payudara

Pada penderita awal kanker payudara, biasanya penderita akan melihat bentuk payudaranya yang tidak sama seperti payudara kanan lebih besar. Hal ini karena salah satu payudara timbul benjolan yang semakin membesar dan tidak teratur.

Berubahnya warna payudara

Secara normal kulit payudara akan lembut dan tidak bersisik, namun bagi penderita kanker payudara, mereka akan mendapatkan kulit payudara mereka bersisik seperti halnya kulit pada buah jeruk. Lama-kelamaan warna payudara berubah dan sisik tersebut lama-kelamaan akan semakin bertambah parah.

Timbulnya retraksi puting pada payudara

Gejala kanker payudara lainnya adalah dengan timbulnya retraksi. Retraksi ini merupakan masuknya puting pada payudara. Lama kelamaan puting ini akan hilang ataupun putus dari payudara.

Timbulnya nanah dan berdarah

Gejala kanker payudara yang lebih parah adalah dengan adanya nanh atau keluarnya darah pada payudara penderita.

Beberapa gejala kanker payudara diatas perlu diwaspadai sejak awal, bahkan anda harus waspada walaupun tidak ada gejala tersebut. Periksalah payudara anda secara teratur agar bisa mengetahui adanya penyakit atau tidak.

Pencegahan dan deteksi diri yang tepat bisa membantu hidup menjadi sehat dan sejahtera.

Cara mudah mencegah kanker payudara

Sudahkah anda menjaga kesehatan dari kanker payudara? Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Mencegah kanker payudara bisa anda lakukan dengan berbagai cara tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Kanker payudara bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol, konsumsi kafein yang terlalu banyak, makan makanan berlemak, kurang olahraga dan juga faktor keturunan.

Berikut beberapa cara mudah mencegah kanker payudara yang bisa anda coba:

Hindari makanan fast food

Tahukah anda bahwa konsumsi makanan fast food yang mengandung banyak lemak itu tidak baik bagi kesehatan demikian juga dengan kesehatan payudara anda. Kanker payudara dipicu oleh berbagai zat kimia yang ada
pada makanan yang tidak sehat. Anda tidak menyadari bahwa makanan fast food tersebut sehat atau tidak bagi anda. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan fast food dalam jumlah berlebih.

Hindari rokok dan alkohol

Bagi wanita, jangan pernah mengkonsumsi alkohol dan rokok, zat kimia pada rokok dan alkohol sangat berbahaya terutama bagi payudara.

Memakai bra yang tepat

Bra yang anda pakai juga bisa mencegah kanker payudara, bagaimana bisa? Saat anda mengenakan bra yang ketat, hal ini menjadi penyebab kanker payudara. Anda bisa memilih bra yang longgar sehingga sirkulasi darah
menjadi lancar. Saat anda tidur, usahakan tidak memakai bra karena saat kondisi tidur yang lama ini payudara membutuhkan sirkulasi darah yang cukup.

Ruti berolahraga

Olahraga menjadi hal penting bagi setiap orang, dengan berolahraga anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan. Olahraga bisa mencegah dari berbagai penyakit seperti kanker payudara. Anda bisa memilih berolahraga ringan seperti jalan kaki, renang, yoga dan senam.

Konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayuran tidak mengandung efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Anda bisa mengkonsumsi jenis buah-buahan yang mengandung anti oksidan dan vitamin untuk mencegah kanker payudara. Untuk sayuran, anda bisa mengolahnya sendiri dan jangan memasak sayur terlalu matang.

Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak menyerang dan membunuh wanita. Sebagian besar penyebab tingginya angka kematian wanita adalah karena mereka telat mengetahui kalau dirinya menghidap penyakit tersebut. Oleh karena itu, para dokter selalu menganjurkan untuk pemeriksaan rutin dengan mammogram minimal setahun sekali, terutama bagi wanita yang berusia 40 tahun ke atas.

Pemeriksaan rutin lainya dapat dilakulan sendiri di rumah dengan memeriksa beberapa hal. Cek apakah terdapt benjolan, pengeluaran cairan dari puting, atau terasa nyeri ketika ditekan oleh tangan. Jika merasakan salah satu dari tiga hal tersebut, jangan segan-segan untuk segera ke rumah sakit dan memeriksakan diri.

Sampat saat ini belum ada penelitian yang bisa menjawab secara pasti apakah kanker dapat dicegah. Namun, salah satu cara terbaik untuk mencegahkannya adakah dengan menerapkan pola gaya hidup sehat. Makan makanan sehat dan seimbang, berolahraga, mengungai asupan alkohol dan rokok. Para lelaki juga harus mewaspadai kanker payudara walaupun kasus pada pria jarang ditemukan.